Senin, 08 Oktober 2012

Coba Atasi Panik Dengan Cara Ini



Panik bisa membuat apa yang sedang kita lakukan menjadi tidak sesuai harapan. Tentu kita tidak ingin panik disaat penting dalam kegiatan kita sehari-hari dong? Kalau sudah panik bisa gawat jadinya..



Pengalaman ketika panik
Disini saya ingin berbagi pengalaman ketika panik melanda dan datang lebih cepat kilat. Sayapun sampai heran bagaimana dia bisa melakukan hal itu.

Saya mengalami kepanikan saat saya sedang mengajar privat dirumah murid saya. Ketika itu kami sedang mengerjakan soal kimia tentang persamaan reaksi, yaitu membuat koefisien setiap unsurnya sama.

Nah, ketika sudah mendapatkan semua koefisiennya dan sekarang tinggal memasukkan ke masing-masing unsurnya. Eh, hasilnya malah salah dan tidak mau sama koefisien zat yang bereaksi dan hasil reaksi.


#Dilihatin murid menjadi semakin grogi saja
Ketika situasi sudah mulai terasanya runyam, murid saya malah membantunya menjadi tambah parah. Diapun menunjukkan kegusarannya dan ditambah ekspresi kebingungan karena jawaban tidak kunjung ditemukan.


#Mencoba jurus menenangkan diri
Ok, saya tarik nafas dalam dulu dan menenangkan pikiran. Saya alihkan sekejap pikiran dari soal itu. Setelah merasa tenang, kemudian saya lihat dan telaah lagi soalnya. Soal diamati dengan cermat dan tenang.

Eh....., ternyata saya salah menaruh koefisien. Harusnya untuk zat A, saya taruh di zat B. Pantesan hasilnya salah. Setelah saya benarkan ternyata hasilnya benar. Senangnya... Murid sayapun menunjukkan perasaan senang juga setelah berhasil mendapatkan penyelesaiannya.
#Bahagia itu pilihan, tidak percaya??


Coba lakukan ini ketika panik
Ok, ketika situasi sudah menunjukkan tanda-tanda bahwa panik sudah datang, cobalah untuk melakukan beberapa tips di bawah ini :
  1. Bernafas dalam dan tenangkan diri
  2. Alihkan perhatian sejenak dari permasalahan yang sedang kita hadapi.
  3. Setelah tenang, mulai telaah permasalahan dengan baik sampai ditemukan cara yang pas.       
Nah, mudah-mudahan bisa membantu ya dan semoga tidak panik lagi sehingga persoalan bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat.




EmoticonEmoticon