Kamis, 13 Juni 2013

Peran Vital Sebuah Waduk

ilustrasi waduk
Waduk adalah sebuah danau buatan manusia yang dibuat dengan tujuan-tujuan tertentu. Fungsi waduk ini sangatlah vital bagi kehidupan masyarakat. Apa saja fungsi atau tujuan dibuatnya sebuah waduk? Inilah beberapa fungsi penting/vital dari sebuah waduk.

  1. Pencegah banjir. Air hujan yang turun tidak akan langsung mengalir ke rumah-rumah warga karena air akan banyak dialirkan ke waduk.
  2. Sumber air bersih. Waduk bisa menjadi sarana untuk menyimpan cadangan air bersih bagi masyarakat sekitarnya. Air merupakan kebutuhan pokok dari setiap makhluk di dunia ini, jadi kita harus menjaganya agar tetap tersedia.
  3. Tempat wisata. Waduk bisa dijadikan tempat rekreasi dan wisata dan ini tentu bisa menambah pemasukan daerah dan menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.
  4. Mata pencaharian. Para warga disekitar waduk bisa memanfaatkannya untuk memelihara ikan dan ini akan bisa menambah kesejahteraan masyarakatnya.
Nah mengingat peran penting dari waduk diatas, maka kita juga harus menjaga waduk agar tetap asri dan bersih sehingga akan terus memberikan manfaat baik bagi semuanya..


EmoticonEmoticon