Rabu, 14 Oktober 2015

Makanan yang Harus Dihindari Agar Perut Tidak Sakit



Makan adalah kebutuhan utama kita sehari-hari agar bisa mendapatkan energi untuk beraktivitas. Asupan makanan tentunya harus cukup, tidak kurang dan juga tidak berlebihan.

Tapi sering kita mengalami gangguan pada perut ketika asyik dan kalap dalam menyantap makanan yang ada. Mungkin entah karena ingin memanfaatkan situasi mumpung gratis ataupun karena sedang dilanda kelaparan super parah.


Hindari makanan seperti ini

Berdasarkan pengalaman pribadi dan juga melihat penderitaan orang lain, ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat perut sakit.

Sakit diperut yang timbul bisa berupa :

  • Sakit seperti perut melilit
  • Diare
  • Mual dan sebagainya.
Ok, berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa dihindari agar tidak mengalami gangguan pada perut.


1. Pedas berlebihan

Saya sendiri adalah penggemar fanatik makanan pedas, tapi sayapun harus bisa memilih level kepedasan mana yang masih bisa saya tahan dengan baik.

Kalau rasa pedasnya sudah mulai membuat muka merah dan lidah terbakar ketika pertama kali dimakan, maka makanan itu tidak akan saya sambar. Makanan dengan pedas keterlaluan akan saya hindari agar perut tidak sakit dan nantinya malah membuat diare.

Berbekal pengalaman kalap makan makanan super pedas inilah, akhirnya saya menderita diare dan rasanya sungguh tidak menyenangkan. Setiap detik, menit, jam harus pergi ke toilet. Seketika itupun toilet sudah menjadi rumah baru bagi saya...

Jadi jika tidak ingin mengalami hal seperti ini, sebaiknya jangan memakan makanan super pedas ya.. Sayangilah perut anda..
#Cara mendapatkan sensasi lebih pedas dari cabai



2. Jumlahnya berlebihan

Memakan makanan dalam jumlah cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan, sungguh merupakan tindakan paling bijaksana yang akan membuat perut tetap dalam kondisi normal dan sehat.



"Perut membentang"



Jangan memakan makanan terus menerus ketika anda sudah tahu bahwa perut sudah tidak lapar lagi. Yang ada adalah perut akan terasa membentang dan malah menimbulkan sensasi tidak nyaman.




3. Minum kopi sebelum makan

Kalau ini sih pengalaman saya, mungkin anda tidak akan merasakan pengalaman yang sama seperti yang saya rasakan.

  • Ketika minum kopi dipagi hari disaat perut kosong, saya merasakan perut tidak nyaman
  • Ada rasa mual yang dirasakan dan rasanya tidak enak
Untuk itu sayapun harus mengisi perut dengan nasi sebelum menyeruput kopi panas kegemaran saya. Mungkin bagi anda yang sering mual ketika minum kopi, sebaiknya perut diisi dulu ya..
#Beginilah cara asyik minum kopi nikmat



4. Banyak mengandung cuka

Ada beberapa makanan yang disajikan dengan kandungan cuka yang agak banyak dan berdasarkan pengalaman saya, cuka berlebih ini bisa membuat perut merasakan sensasi tidak nyaman. Ini adalah pengalaman saya.

Apalagi jika perut masih kosong sama sekali, jadi sebaiknya makanan dengan kandungan cuka dihindari dulu deh. Rasa mual pun kadang menyertai..
#Makanan itu kurang lengkap tanpa pendamping ini



5. Alkohol tinggi

Minuman dengan kandungan alkohol tinggi sering dijumpai pada minuman keras, seperti arak, anggur dan sebagainya.

Minuman ini tidak akan mengganggu perut jika tidak berlebihan, yang menjadi masalah adalah ketika volume minuman yang masuk sudah diluar batas.




Harus dihindari

Makanan-makanan seperti ini memang sangat patut untuk dihindari dalam jumlah yang banyak. Jika berlebihan, maka andapun akan tahu apa yang terjadi bukan??

Dengan mengetahui efek yang akan terjadi jika konsumsinya banyak, maka sebaiknya dibatasi asupannya ke dalam perut.

Ini untuk mencegah perut mengalami gangguan-gangguan yang bisa membuat kesehatan kita menurun. Hasilnya adalah aktivitaspun terganggu dan produktivitas menurun..

Marilah kita kenali perut sendiri!!!




EmoticonEmoticon